Sabtu, 31 Agustus 2013

Trik Mengatasi Kenaikan Harga-Harga

Saat ini kondisi ekonomi masyarakat kita sedang diguncang dengan kenaikan berbagai macam kebutuhan pokok yang datang silih berganti. Mulai dari harga BBM yang berimbas terhadap kenaikan harga bahan pangan hingga kenaikan harga bahan baku industri. Terpuruknya nilai rupiah terhadap dolar Amerika semakin memperparah kondisi perekonomian masyarakat karena harga bahan dan barang impor ikut naik. Sebenarnya kita tidak perlu terlalu panik bahkan bisa mengambil kesempatan positif akibat kenaikan harga ini yang penting kita jeli dan selalu mencermati kondisi yang ada.Berikut ini tips-tips yang mungkin bisa kita praktekan:
Untuk Konsumen
  1. Periksa kembali daftar belanjaan harian anda. Buat skala prioritas, usahakan belanja yang memang  betul-betul kita perlukan.
  2. Kalau anda suka ngemil atau menkonsumsi makan ringan, sebaiknya anda hilangkan daftar cemilan yang tidak sehat (mengandung kolesterol, MSG dan pengawet). Cemilan jenis ini selain tidak sehat harganya juga cenderung lebih mahal.Begitupun minuman, silakan cari minuman sehat yang sering direkomendasi para pakar kesehatan, hindari yang memakai pemanis buatan, pengawet dan minuman beralkohol.
  3. Periksa kembali jadwal perjalannan Anda. Pertimbangkan apakah perjalanan anda nanti bermanfaat untuk anda sekeluarga ataukah tidak. jika tidak sebaiknya segera coret dan lupakan.
  4. Ada baiknya Anda memikirkan untuk mencari income tambahan sebagai bisnis sampingan disamping pekejaan utama. Saat ini banyak sekali buku-buku yang bisa memberikan info tentang usaha sampingan yang tentunya sangat bermanfaat dan tidak ada salahnya kita praktekkan.

Untuk Produsen/Pelaku Usaha
  1. Dalam menjalankan suatu usaha ada kalanya kita membuat kesalahan dalam penentuan harga suatu produk atau jasa, hal ini mengakibatkan pada turunnya laba perusahaan. Adanya kenaikan BBM ini bisa dimanfaatkan untuk mengoreksi kesalahan dengan menaikan harga produk atau jasa kita sehingga diperoleh harga baru yang lebih layak. Biasanya pasar tidak akan komplain karena perubahan harga ini terjadi pada situasi yang cukup beralasan (kenaikan BBM).
  2. Menaikan harga suatu produk atau jasa adalah sesuatu yang dilematis bagi produsen karena bisa berakibat beralihnya para pelanggan ke kompetitor. Jika Anda tidak ingin menaikan harga produk anda maka bisa diatasi dengan mengubah kemasan menjadi lebih kecil atau ekonomis. Yang terpenting adalah jangan sampai kita menurunkan kualitas produk atau pelayanan kita kepada pelanggan.
  3. Ada yang mau menambahkan? Kami tunggu komentar Anda semua

Semoga tips-tips ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar